5 Pertimbangan Sebelum Menggunakan Jasa Ekspor Barang Ke Luar Negeri - Pick Blog

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 15 Februari 2021

5 Pertimbangan Sebelum Menggunakan Jasa Ekspor Barang Ke Luar Negeri

Export Barang

Semakin pesat pertumbuhan perekonomian dunia menjadikan berbagai negara di seluruh dunia semakin semangat dalam perdagangan internasional. Sehingga kegiatan ekspor dan impor bertumbuh dengan signifikan setiap tahunnya. Bagi anda yang memiliki komoditi dan berniat untuk menggunakan jasa ekspor barang ke luar negeri, pertimbangkan beberapa hal berikut.


Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Ekspor Barang


1. Pemahaman Regulasi

Ekspor artinya mengeluarkan sesuatu, dalam ekonomi ekspor adalah menjual suatu produk atau jasa keluar negeri. Penjualan ini dilakukan keluar area pabean Indonesia serta tempat-tempat tertentu di zona ekonomi eksklusif. Ada banyak sekali regulasi yang perlu anda pahami sebelum mengekspor barang keluar negeri, pelajari dengan cermat agar kegiatan ekspor anda legal.


Kegiatan ekspor ini bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan negara dan meningkatkan nilai investasi negara. Ada beberapa lembaga pemerintah yang menangani urusan ekspor dan impor barang. Diantaranya Direktorat Jenderal Bea Cukai, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan dan beberapa instansi terkait yang berhubungan dengan produk anda.


Anda bisa melihat website resmi Bea Cukai atau datang langsung ke kantor bea cukai di daerah anda. Jangan mempercayakan barang anda kepada jasa ekspor barang ilegal karena itu hanya akan merugikan anda. Baca dengan cermat regulasi yang ada dan patuhi peraturan yang berlaku mengenai jenis barang ekspor, biaya ekspor dan juga surat izin.


2. Barang yang Diekspor

Kenali barang yang akan anda ekspor keluar negeri secara detail agar mudah saat pendaftaran. Ada beberapa barang yang dilarang untuk diekspor, yaitu rotan mentah, bijih besi, bijih timah, batu mulia, barang langka, barang bersejarah dan lain-lain. Barang yang diatur tata niaga ekspornya meliputi kopi mentah, rotan/kayu, zat kimia, butanol, intan, berlian dan emas.


Barang yang diatur tata niaga ekspornya memiliki beberapa ketentuan berdasarkan jenisnya. Misalnya anda ingin mengekspor kayu atau rotan, anda harus mendapatkan izin dari dinas kehutanan. Hal ini dilakukan agar kegiatan ekspor yang tujuannya membuka pasar baru di luar negeri tidak akan menjadi bumerang yang merugikan negara sendiri.


3. Pendaftaran Ekspor

Kegiatan ekspor dapat membuat barang asli Indonesia terkenal di negara lain. Namun hal ini harus berdasarkan proses yang legal dan terorganisir. Untuk anda yang ingin menggunakan jasa ekspor barang keluar negeri, buatlah perencanaan ekspor seperti produk yang diekspor, penentuan klasifikasi produk, negara tujuan, jalur pengiriman serta jadwal ekspor.


Kemudian datang ke kantor Bea Cukai di daerah anda untuk mengisi formulir dan data yang diperlukan untuk ekspor. Anda akan diminta melengkapi data diri, data perusahaan dan juga data barang yang akan diekspor mengenai jenis dan jumlah. Lengkapi juga dokumen-dokumen yang diperlukan seperti KTP, NPWP, Surat Izin Usaha, dan beberapa dokumen pelengkap lainnya.


4. Pengurusan Izin

Di kantor Bea Cukai, anda akan memperoleh dokumen bernama PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang). Setelah itu, anda harus datang ke instansi terkait mengenai legalitas barang yang akan anda ekspor. Ekspor yang anda lakukan sangat berguna bagi negara untuk meningkatkan jumlah produksi manufaktur terhadap pasar dunia yang semakin bertumbuh.


5. Pengiriman Barang

Membiasakan diri bersaing dalam pasar internasional memang tidak mudah, namun anda harus melakukannya untuk ekspansi produk agar lebih dikenal luas. Pastikan ketika anda menggunakan jasa ekspor barang ada bukti penerimaan dari shipping company yang bekerja sama, minta juga Bill of Leading sebagai bukti sampainya barang dan alat tebus pembayaran.


Demikian beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mengekspor barang. Semakin banyak jumlah ekspor setiap tahunnya semakin mempercepat hubungan ekonomi dan diplomatik dengan negara lain, juga menambah devisa negara.  Jika anda ingin mengekspor barang keluar negeri, silakan kunjungi kilo.id untuk pelayanan yang aman dan terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot