Bingung Memilihkan Mainan Si Kecil? Berikut Trik Mengajak Si Kecil Ke Toko Mainan Anak - Pick Blog

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 13 November 2020

Bingung Memilihkan Mainan Si Kecil? Berikut Trik Mengajak Si Kecil Ke Toko Mainan Anak

 

Mainan Anak

Seorang anak kadang menangis meraung-raung meskipun sudah dibelikan mainan oleh orang tuanya. Hal ini dikarenakan jenis mainan yang diinginkan tidak sesuai yang diharapkan. Tetapi, banyaknya mainan yang disediakan oleh toko mainan anak juga bisa membuat anak bimbang untuk membeli mainan yang lain atau lebih. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika mengajak anak ke toko mainan?

Tips Jitu Mengajak Si Kecil Ke Toko Mainan

1. Bekerjasama Dengan Anak

Membelikan mainan tanpa mengajak si kecil ke toko terkadang membuat seorang anak tetap menangis karena merasa tidak bisa mendapatkan keinginannya. Tetapi, ketika si kecil diajak ke toko mainan juga terkadang mengambil berbagai barang yang dia inginkan. Untuk itu, bekerjasama dengan si kecil adalah cara yang tepat sebelum tiba di toko mainan.

Dalam hal ini, anda sebaiknya dapat memberikan informasi secara lembut kepada anak. Selain itu, anda bisa menyampaikan kepada si kecil tentang keinginan anda untuk membelikan mainan. Tetapi, anda juga perlu menyampaikan syarat agar anak bisa menuruti perkataan anda. Dengan demikian anda bisa mendapatkan mainan yang sesuai dan disukai oleh anak.

2. Memberikan Pertimbangan

Pilihan berbagai jenis mainan yang disediakan oleh toko mainan anak seringkali membuat anak bimbang untuk memilih. Bahkan, anak terkadang juga menginginkan banyak mainan karena si kecil menganggap bahwa mainan yang dilihatnya bagus. Namun, mainan yang dianggap bagus pada dasarnya tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan anak.

Untuk itu, sebagai orang tua anda harus memberi pemahaman dengan halus dan mudah dipahami si kecil terkait jenis mainan yang mereka inginkan. Bahkan, anda bisa menceritakan beberapa kisah terkait mainan yang dipilihnya. Selain itu, anda juga bisa memberikan tips bermain kepada si kecil agar dia bisa menentukan satu mainan untuk dipilih.

3. Memuji Anak

Ketika anda membelikan mainan anak, sudah seharusnya kegiatan itu dilakukan dengan senang hati. Dalam hal ini, anda bisa memberikan kebebasan kepada si kecil untuk memilih jenis mainan yang disukai. Tentunya, anda juga perlu memberikan beberapa pemahaman kepada si kecil terkait batas-batas tertentu yang harus dipahami ketika berada di toko mainan anak.

Selain itu, anda juga dapat memberi pertimbangan mainan terkait fitur, fungsi dan warna mainan yang dipilih si kecil. Begitu pula, anda dapat memancing ide-ide si kecil agar dia dapat memilih mainan untuk kreativitasnya dengan tepat. Setelah itu, anda bisa memuji anak terkait mainan yang dipilihnya agar lebih percaya diri.

4. Meminta Anak Untuk Menjaga Mainan Yang Sudah Dibeli

Si kecil seringkali menginginkan mainan baru ketika sudah bosan dengan mainannya yang lama. Bahkan, tak jarang diantara mereka memperlakukan mainan dengan seenaknya. Oleh karena itu, anda sebagai orang tua sudah selayaknya untuk mengajarkan rasa tanggung jawab kepada anak. Dalam hal ini, anda bisa mengajarkan rasa sayang untuk menjaga mainan yang telah mereka miliki.

5. Memberi Sanksi Ketika Tidak Bisa Diajak Bekerja Sama

Toko mainan anak yang menyajikan berbagai jenis mainan seringkali membuat si kecil lupa anak kesepakatan yang telah dilakukan. Sehingga, ini adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan rasa patuh kepada si kecil. Dalam hal ini, orang tua boleh memberikan sanksi yang tegas kepada anak, misalnya si kecil tidak akan mendapat uang jajan ketika melanggar kesepakatan.

Toko mainan memang selalu memberikan kesenangan tersendiri kepada si kecil. Akibatnya, seorang anak bisa saja bingung dan menginginkan semua jenis mainan yang telah disediakan. Oleh karena itu, beberapa tips di atas dapat dilakukan oleh orang tua agar anak bisa mendapatkan mainan yang tepat. Tentunya, orang tua juga bisa mengajarkan rasa tanggung jawab kepada anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot